Selamat datang di PT.Java Egg Specialities | Produsen Olahan telur, Mayonnaise, dan saus berkualitas | Member Group

Fakta Mayonais : Sejarah, Proses Pembuatan, dan Manfaatnya bagi Kesehatan

mayonais mamayo

Apa itu Mayonais ?

Mayonais merupakan salah satu jenis saus yang cukup populer di dunia. Saus ini kerap digunakan sebagai pelengkap aneka hidangan. Mulai dari salad , risol mayo, sandwich, burger, sosis, dan hidangan lainnya.

Saus ini terbuat dari hasil emulsi beberapa bahan seperti telur ayam, cuka, dan minyak nabati. Tertarik untuk mengenal mayonais lebih jauh? Di sini akan diinformasikan tentang sejarah, proses pembuatan, hingga beberapa manfaat mayonais bagi kesehatan.

nama mayonais

Sejarah Mayonais

Seperti yang diketahui, Mayonais merupakan salah satu jenis saus yang terbuat dari campuran kuning telur, cuka, minyak, serta garam. Ada beberapa teori terkait sejarah awal mula adanya mayones di dunia. Salah satunya yaitu mengatakan jika saus ini pertama kali diciptakan oleh seorang chef dari Perancis yaitu Chef Lois François Armand du Plessis, duc de Richelieu.

Disebutkan bahwa mayonais pertama kali diciptakan dalam perayaan kemenangan Prancis setelah berhasil merebut area Pelabuhan Mahon Kepulauan Balearic. Awalnya, saus ini memiliki nama mahónnaise, yaitu diambil dari nama pelabuhan Mahon yang ada di Menorca. Namun teori ini masih belum dapat dikonfirmasi lebih akurat.

Menurut pandangan lain, nama mayonnaise berasal dari nama seorang tokoh Perancis yaitu Charles of Lorraine, Duke of Mayenne yang asalnya di wilayah barat laut Perancis. Konon, dahulu terdapat jenis saus dingin yang dimakan bersama ayam oleh Duke. Namun, teori sejarah yang satu ini juga belum dapat dipastikan kebenarannya.

Meskipun masih jadi perdebatan terkait awal-mulanya, mayonais sudah hadir sejak abad ke-19 serta sangat populer di Amerika Utara dan Eropa, terutama di Prancis.

Dalam kamus Oxford English Dictionary, nama mayonnaise sudah tercantum dalam buku masakan bahasa Inggris yang sudah ada sejak tahun 1841. Artinya, saus ini memang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Proses Pembuatan Mayonais

pembuatan mayonais
pembuatan mayonais

 

Sebenarnya, ada berbagai cara untuk membuat mayonais. Namun, umumnya saus ini terbuat dari campuran kuning telur, garam dapur, cuka, minyak, dan mustard. Bahan-bahan tersebut dicampurkan menggunakan pengocok, seperti food processor, blender, handmixer, atau dikocok secara manual menggunakan garpu maupun pengocok telur.

Selain menggunakan campuran bahan tersebut, mayones juga dapat dibuat dari putih telur saja asal dikocok pada kecepatan tinggi menggunakan food processor. Rasa dan tekstur yang didapatkan bisa mirip dengan mayones yang dibuat dari kuning telur.

Pada resep tradisional Prancis, minyak yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan mayonais adalah minyak zaitun atau minyak safflower.

Jenis-Jenis Mayonais

Dalam masakan Prancis, mayonais merupakan jenis saus yang dapat digunakan untuk membuat aneka macam saus dingin lainnya. Adapun jenis saus lainnya yang merupakan turunan dari mayonnaise yaitu:

  • Aioli: Mayonnaise yang terbuat dari minyak zaitun yang dicampur dengan bawang putih.
  • Saus Tartar: Mayonnaise yang dibuat dengan bawang bombay dan asinan ketimun dalam botol. Namun, terkadang ditambah buah zaitun, capers, atau lumatan dari telur rebus.
  • Russian Dressing: Juga biasa disebut dengan Marie Rose Sauce, terbuat dari mayones yang dicampurkan dengan yogurt, krim kental, dan saus tomat.
  • Saus Thousand Island: Russian dressing yang ditambah rempah-rempah dan pickles.
  • Fry Sauce: Merupakan campuran dari mayones, saus tomat, rempah-rempah, serta saus berwarna merah lainnya sebagai saus untuk french fries.
  • Mayonesa: Merupakan mayonais rasa lime yang biasanya dijual di Amerika Serikat, tepatnya di toko bahan makanan Spanyol dan Meksiko.

Manfaat Mayonais bagi Kesehatan

Tidak hanya dapat dijadikan sebagai campuran makanan, ternyata saus ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Adapun beberapa manfaatnya yaitu sebagai berikut:

  1. Baik untuk Pertumbuhan Rambut
    Mayonais mengandung salah satu jenis asam amino yaitu L-sistein. Kandungan ini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan rambut.
    Dalam sebuah studi ditemukan bahwa L-sistein memiliki peran yang penting dalam membangu keratin, yaitu sejenis protein yang terdapat pada rambut untuk membuat rambut lebih kuat dan dapat tumbuh dengan baik.
    Selain itu, kuning telur yang digunakan dalam pembuatan mayones dapat meningkatkan kadar protein sehingga dapat menebalkan dan memperkuat folikel rambut.
  2. Melancarkan Sirkulasi Darah
    Selain baik untuk rambut, mayonais juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Hal ini berkat vitamin E yang terkandung di dalamnya. Selain itu, saus ini juga mengandung beberapa mineral penting lainnya seperti vitamin K, kalsium, fosfor, dan kalium, yang juga bermanfaat bagi sirkulasi darah.
  3. Baik untuk Otak
    Kuning telur yang digunakan dalam pembuatan mayones mengandung mineral penting, yaitu kolin. Kandungan ini sangat penting dalam mengatur memori, proses pembentukan membran sel, serta menjaga fungsi otak.
  4. Meningkatkan Penglihatan
    Kandungan lainnya yang dapat ditemukan pada mayones yaitu beta-karoten atau vitamin A. Vitamin ini sangat baik bagi kesehatan mata. Selain itu, saus mayones juga mengandung lutein, seng, dan zeaxanthin yang dapat mengurangi kerusakan pada mata yang disebabkan paparan sinar biru yang berbahaya.
  5. Menutrisi Kulit
    Mayonais memiliki kandungan lemak dan emolien. Kedua kandungan tersebut dapat membantu melembapkan kulit. Selain itu, mayones juga dapat digunakan untuk merawat kulit yang terbakar oleh sinar matahari karena memiliki sifat menenangkan dan menyembuhkan bagi kulit terbakar.
  6. Sumber Kalori Baik
    Perlu diketahui bahwa mayonais merupakan salah satu makanan yang mengandung kalori dengan kadar yang cukup tinggi, yakni sekitar 94 kalori per sendoknya.
    Kendati demikian, mayones juga mengandung lemak sehat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin E, omega-6, serta omega-3. Kombinasi dari kandungan tersebut dapat menjadi sumber energi baik bagi tubuh Anda.
  7. Mengandung Kolesterol Baik
    Selain mengandung kalori baik, mayonnaise juga mengandung kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) yang dapat membantu meminimalisir risiko terkena penyakit jantung.
    HDL akan bekerja dengan cara mengikat kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) serta mengeluarkannya dari tubuh melalui hati. Dengan begitu, tubuh akan lebih sehat dan bebas kolesterol jahat.

Bicara soal rekomendasi mayonais yang enak, Anda bisa mengandalkan Mamayo dari Java Egg! Ini adalah mayonais enak, gurih, lezat, dan bergizi!

mamayo produk mayonais
 produk mayonais mamayo

 

Comments (3)

Comments are closed.

Cart

Tidak ada produk di keranjang.

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Price
  • Availability
  • Description
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare